26 Oktober 2021

Gorioyaji.net

Pojok Informasi Unik dan Menarik

Proses Penyambungan Pipa PVC Menggunakan Lem Pipa. Sangat Mudah dan Simpel!

Lem atau perekat adalah salah satu bahan yang digunakan dalam penyambungan sesuatu/material. Begitu juga untuk menyambungkan pipa air PVC. Lem yang digunakan yaitu lem pipaPVC. Dalam penyambungan pipa yang menggunakan lem ini bersifat solvent cement. Artinya saat diaplikasikan akan lunak, dan bisa melarutkan lapisan pipa. Dengan begitu, saat sudah kering, lapisan yang sudah disambung benar-benar akan menjadi satu. Salah satu lem yang digunakan biasanya lem yang berbahan dasar resin PVC. Bahan dasar lem ini berbentuk powder.

Cara penyambungan pipa dengan lem pipa PVC

Terkait perpipaan memang lebih mudah dengan memanggil tukang profesional sehingga pemasangan lebih bagus. Namun tak ada salahnya jika anda ingin melakukannya sendiri. Berikut beberapa tahapan yang perlu anda lakukan;

Tahap pemotongan pipa

Sebelum dilem, pipa terlebih dahulu harus dipotong agar ukurannya sesuai. Agar potongan rapi, anda bisa menggunakan gergaji khusus pipa dan yang tajam. Untuk pemilihan gergaji sebaiknya yang memiliki bilah lebar sehingga proses pemotongan lebih mudah.

Tahap ampelas

Selanjutnya yaitu tahap ampelas atau tahap penghalusan pipa bekas gergaji. Caranya, gulung ampelas dan masukkan ke lubang pipa. Lalu, ampelas bagian dalam juga luar pipa dengan rata sehingga halus. Tahap penghalusan ini tidak boleh dilewatkan karena jika pipa tidak rata, maka bisa mengganggu proses penyambungan.

Tahap fitting

Sebelum mengoleskan lem pada pipa dan memulai penyambungan, sebaiknya lakukan fitting terlebih dahulu, yaitu dengan menyambungkan pipa tanpa lem. Selanjutnya tandai pipa dengan spidol untuk menentukan posisi sambungan dengan tepat.

Tahap penggelapan pipa

Selanjutnya, lap pipa dengan lap kering di bagian permukaannya. Tujuannya agar bersih dari kotoran karena pipa yang kotor akan sulit menempel saat di lem. Pada bagian socket juga dibersihkan dengan bahan pembersih. Anda bisa menggunakan pembersih jenis apapun yang terpenting aman.

Tahap pengeleman

Setelah semua langkah-langkah di atas selesai, selanjutnya yaitu proses pengeleman. Langkah pertama, olesi pipa bagian dalam dan luar dengan lem pipa PVC. Setelah itu, sambungkan pipa yang sudah diolesi lem sesuai dengan tanda spidol yang sudah diberikan sebelumnya. Lalukan pengeleman dengan cepat karena dikhawatirkan lem kering. Tekan sambungan pipa dan tahan kurang lebih 15 detik sampai lem mengering. Setelah pipa tersambung, lap bagian pipa agar tidak ada sisa lem.

Itulah beberapa tahapan penyambungan pipa dengan lem PVC. Proses ini harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati agar hasilnya maksimal. Tidak hanya pemilihan lem juga penting. Saat ini lem pipa PVC Rucikasangat recommended, sangat tahan lama untuk penyambungan pipa. Ada beragam kemasan lem yang sudah disediakan, harganya pun beragam tergantung besarnya kemasan. Anda bisa pilih sesuai kebutuhan penyambungan.