26 Oktober 2021

Gorioyaji.net

Pojok Informasi Unik dan Menarik

7 Komoditi yang Sering diekspor dari Indonesia ke Jepang

Jepang adalah negara maju dan merupakan negara mitra Indonesia yang memiliki pasar yang bagus untuk menjual produk asli Indonesia atau produk hasil produksi. Hal ini dapat dimanfaatkan bagi UMKM, perusaahaan sekala kecil hingga menengah untuk terjun ke pasar Internasiona. Banyak sekali produk lokal yang berpotensi besar untuk laris di pasar Jepang seperti rempah-rempah, makanan olahan, produk otomotif, kerjaninan seni dan barang lainnya. Artikel ini akan membahas mengenai 7 komoditi atau barang yang diekspor Indonesia ke Jepang.

Pengertian ekspor secara umum adalah proses transportasi suatu barang ataupun komoditas dari satu negara ke negara yang lain. Kegiatan ekspor ini memiliki banyak manfaat bagi pelaku usaha ataupun perekonomian Indonesia. Bagi pelaku usaha, Anda memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan penjualan, meningkatkan omset dan profit penjualan. Sedangkan bagi Indonesia, ekspor berperan untuk menambah devisa negara.

barang yang diekspor Indonesia ke Jepang

1.    Karet


Karet murni asal Indonesia memiliki kualitas yang tinggi dan Indonesia merupakan negara penghasil karet terbesar ke-2 di dunia. Hal ini menjadikan karet asal Indonesia sebagai komonitas utama dalam kegiatan ekspor.

 

2.    Kelapa Sawit

 

Luas lahan kelapa sawit dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Kelapa sawit memiliki banyak manfaat seperti bahan baku dalam membuat minyak goreng, sabun, mentega dan produk lainnya. Bagian kelapa sawit yang diekspor ke Jepang dalam bentuk minyak inti sawit (Palm Kernell Oil / PKO) ataupun minyak sawit mentah (Crude Palm Oil / CPO).

 

3.    Hasil Hutan

 

Hasil hutan Indonesia sangat melimpah yang di dalamnya terdiri dari kayu dan non kayu. Biasanya hasil hutan yang diekspor ke Jepang paling banyak yaitu kayu dan hasil olahan kayu seperti furniture dan kertas. Jadi, Anda tidak perlu heran dengan kekayaan hasil hutan Indonesia yang bisa menghasilkan nilai ekspor mencapai lebih dari 5 Miliar Dollar setiap tahun.

 

4.    Kakao

 

Kakao ataupun biji coklat dapat tumbuh subur di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu produsen kakao terbesar di dunia. Kakao yang diekspor ke Jepang dapat berbentuk makanan ataupun bubuk coklat yang sudah diolah menggunakan SOP Jepang.

 

5.    Tekstil

 

Pada komoditi tekstil, Indonesia banyak melakukan ekspor bahan baku berupa serat dan benang. Selain itu, Indonesia juga mengekspor produksi baju berbentuk kain (kain batik, dll) hingga yang sudah menjadi baju. Pertumbuhan ekspor di bidang tekstil akan diprediksi dari tahun ke tahun mengalami peningkatann.

 

6.    Udang

 

Udang merupakan komoditi utama yang diekspor dari hasil produk laut dan perikanan di Indonesia. Jepang salah satu negara tujuan ekspor udang tersebut.

 

7.    Kopi

 

Indonesia termasuk negara pengekspor kopi terbesar di dunia dan memiliki aneka ragam kopi yang berkualitas, seperti mandaling, robusta dan varietas khusus seperti kopi Luakak, Toraja, dan Kopi Aceh yang sudah tersohor dengan nilai jual tertinggi di dunia.

Berikut informasi 7 komoditi ataubarang yang diekspor Indonesia ke Jepang. Semoga informasi mengenai komoditi yang sering diekspor ini dapat bermanfaat bagi pembaca.