26 Oktober 2021

Gorioyaji.net

Pojok Informasi Unik dan Menarik

7 Tips Mencuci Kaos Polos Agar Tidak Mudah Rusak

Kaos merupakan pakaian casual yang sosok digunakan pada acara hangout, semi-formal hingga formal sekali pun. Kaos kini telah menjadi pakaian favorite setiap orang, terutama kaum pria. Kaos juga merupakan salah satu investasi yang penting. Demand kaos polos yang tinggi di pasaran karena bentuknya yang sederhana, mudah untuk mix and match, mudah menyerap keringat hingga nyaman untuk digunakan.

Setiap orang pasti ingin memiliki kaos yang tahan lama dan mudah rusak. Selain bahan, proses mencuci kaos juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Jika Anda asal-asalan dalam mencuci maka dapat menimbulkan kerugian seperti kaos yang melar dan mudah rusak.

Artikel ini berisi tips tentang cara mencuci kaos yang baik dan benar agar kaos tersebut dapat bertahan lama. Nah, untuk lebih jelasnya perhatikan dan baca dengan seksama informasi di bawah ini.

1.   Perhatikan Label Perawatan yang Terjait pada Kaos

 

Setiap kaos pasti memiliki label perawatan yang terdapat pada bagian dalam pakaian. Label tersebut bertujuan untuk menginformasikan cara treat kaos dengan baik.

 

Hal yang perlu diperhatikan lainnya yaitu jenis bahan yang digunakan untuk membuat kaos. Setiap bahan memiliki cara treat yang berbeda. Jadi, Anda perlu mengikuti petunjuk pada label perawatan seperti proses mencuci, menyetrika dan sebagainya untuk mendapatkan kaos yang terawat dan tahan lama.

 

2.   Membalikan Kaos Bagian Dalam

 

Tujuan dari membalikan kaos bagian dalam menjadi bagian luar yaitu mencegah kerusakan pada bagian depan kaos seperti penurunan kualitas warna karena terkena matahari langsung. Jadi, sebelum meletakkan di mesin cuci atau ke keranjang laundry pastikan terlebih dahulu kalau kaos Anda sudah terbalik.

 

3.   Pisahkan Kaos dengan Warna dan Bahan yang Berbeda

 

Langkah ketiga ini bertujuan agar pakaian tidak rusak karena proses pencucian yang bersama-sama. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memisahkan kaos, yaitu bahan, warna hingga tingkat kekotoran pakaian sehingga dapat meminimalisir kaos terkena lunturan warna lain dan terkena noda kotoran. Jadi, mulai saat ini biasakan memisahkan pakaian saat dicuci.

 

4.   Jangan Merendam Kaos Terlalu Lama

 

Proses perendaman kaos yang terlalu lama akan menyebabkan kain mudah rusak hingga berbau tidak sedap. Jadi, proses perendaman cukup sekitar 20 menit saja.

 

5.   Minimalisir Menyikat

 

Jika terdapat noda yang membandel pada kaos usahakan dikucek menggunakan tangan terlebih dahulu karena menyikat kaos akan menyebabkan kaos menjadi rusak

 

6.   Cuci Pakaian Menggunakan Air Dingin

 

Proses pencucian kain menggunakan air panas akan membuat kaos menjadi kendor sehingga tidak nyaman digunakan nantinya dan menurunkan rasa percaya diri.

 

7.   Jemur dengan Kaos Terbalik

 

Hal ini bertujuan agar tidak merusak warna. Agar kaos tetap terawat, jemur kaos di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung.

Demikian artikel mengenai tips cara mencuci kaos polos agar tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat dan harapannya dengan informasi ini dapat membantu Anda untuk merawat kaos Anda agar tahan lama dan tetap nyaman untuk digunakan aktivitas sehari-hari.