2 Oktober 2022

Gorioyaji.net

Pojok Informasi Unik dan Menarik

4 Cara Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Ngomongin soal cara mengatur keuangan rumah tangga pasti tak lepas dari perasaan galau. Sebab, mengatur keuangan rumah tangga memang tak mudah. Perlu kita-kiat tersendiri agar bisa menemukan cara menabung yang efektif, memanage pengeluaran agar cash flow tetap stabil sehingga semua kebutuhan rumah tangga benar-benar terpenuhi secara keseluruhan.

Berkaca pada berbagai artikel yang ada, sebetulnya nggak ada rumus pasti untuk mengatur keuangan rumah tangga. So, gimana dong cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik agar tidak boros? Simak ulasan berikut ini!

cara mengatur keuangan rumah tangga

1. Hitung pemasukan kamu dan pasangan

Jika kamu dan suami bekerja, maka lebih bijak jika kamu menghitung jumlah pemasukan dan pengeluaran pasangan. Pemasukan yang dimaksud ini bukan hanya soal gaji bulanan, tetapi bonus, lembur, dan insentif yang didapat. Ini penting dilakukan agar kamu dan pasangan bisa saling mengalokasikan penghasilan untuk kebutuhan yang harus dipenuhi. Menghitung berapa jumlah pemasukan akan membuat pengaturan keuangan kamu jadi lebih mudah.

2. Buat anggaran secara rinci

Cara yang tepat agar kamu nggak boros dalam pengeluaran adalah dengan membuat rencana belanja bulanan menggunakan anggaran secara tertulis. Sebagai contoh, kamu bisa membelanjakan uang hasil pendapatan dan pasangan sesuai rencana yang telah disusun bersama. Anggaran ini akan memudahkan kamu untuk mengalokasikan dana, sekaligus tahu kemana saja uang yang kamu keluarkan selama satu bulan penuh. Psst, jangan sampai kamu belanja di luar dari anggaran ya!

3. Jaga rasio hutang tidak lebih dari 30%

Salah satu godaan dalam mengatur keuangan rumah tangga adalah hutang. Jika kamu memang harus berhutang, gunakan hutang tersebut untuk kebutuhan pokok seperti cicilan rumah. Penting kamu tahu, bahwa rasio hutang harus dijaga tidak lebih dari 30% dari penghasilan yang dimiliki. Jika kamu berhutang lebih dari itu, keuangan rumah tangga pasti terganggu.

4. Temukan cara menabung yang efektif

Di jaman serba digital ini, menabung dinilai sangat efektif dengan menggunakan tabungan digital. Dengan tabungan digital kamu bisa lebih leluasa bertransaksi tanpa membutuhkan otorisasi pegawai bank. Beberapa tabungan digital menawarkan bunga yang kompetitif, dan transaksi bisa dilakukan secara real time. Salah satu tabungan digital yang recommended adalah Jago.

Apa itu Bank Jago?

Jago sendiri adalah aplikasi yang bisa bantu kamu atur keuangan jadi lebih mudah, kolaboratif, dan inovatif. Bank jago sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK) dan termasuk sebagai peserta program penjamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Baru-baru ini Jago berkolaborasi dengan Gojek membuat GoPay Jago untuk memberi kemudahan kamu dalam bertransaksi secara digital. GoPay Jago adalah metode pembayaran terbaru di aplikasi Gojek yang bisa bikin kamu bayar berbagai layanan tanpa perlu top up. Nggak cuma mudah soal transaksi, fitur baru ini juga memudahkan kamu dalam mengatur pengeluaran.

Kelebihan GoPay Jago yang harus kamu rasakan

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan GoPay Jago, yuk simak penjelasannya berikut ini.

  1. Jago Ngatur Pengeluaran

Jago punya fitur kantong yang bisa bantu kamu misahin uang berdasarkan jenis pengeluaran.

  1. Bebas dari Ribetnya Top Up

Kantong Jago sudah secara otomatis terhubung dengan layanan Gojek sebagai salah satu metode pembayaran.

  1. Bebas Biaya Admin dan Tanpa Minimal Saldo

Pakai jago untuk transfer ke bank mana aja? Bebas biaya! Selain itu, kamu nggak perlu terbebani dengan biaya admin bulanan seperti di bank pada umumnya.

  1. Bunga Tinggi dan Dihitung Secara Harian

Suku bunga Jago kompetitif 7% P.A yang dihitung secara harian, kemudian akan ditambahkan ke rekening setiap akhir bulan.

  1. Buka Akun Praktis dan Mudah

Ini dia salah satu keuntungan Jago yang gak ditawarkan oleh bank lain. Buka rekening Jago mudah dan praktis, bisa dimana aja dan kapan saja, cuma butuh aplikasi!