2 Oktober 2022

Gorioyaji.net

Pojok Informasi Unik dan Menarik

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

dokter kandungan di Jakarta

Saat hamil, peningkatan hormon yang terjadi membuat perubahan psikis dan fisik terhadap calon Ibu. Perubahan yang sering terjadi biasa berupa perubahan fisik pada perut, payudara, berat badan, hingga kaki yang membengkak. Kaki yang bengkak merupakan hal yang paling sering terjadi pada ibu hamil pada setiap trimesternya, penyebabnya pun berbeda-beda. Misalnya saja disebabkan oleh hormon progresteron yang begitu cepat, atau meningkatkan volume darah dan cairan tubuh. Hal ini kadang membuat calon Ibu menjadi khawatir sehingga berkonsultasi dengan dokter kandungan di Jakarta. Salah satu diantaranya ialah Klinik Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah Group yang menyediakan layanan komprehensif bagi wanita, sejak perencanaan kehamilan, proses bersalin, hingga pasca persalinan.

Kondisi kaki bengkak sendiri tidak perlu dikhawatirkan karena tidak berbahaya dan dapat kembali seperti semula seiring berjalannya waktu. Namun, bila ingin kondisi tersebut berkurang atau segera menghilang, berikut beberapa cara sederhana yang dapat membantu mengatasi kaki bengkak pada saat hamil.

1. Kompres Air Hangat

Cara paling mudah dan simpel yang dapat Anda lakukan ialah mengompres bagian kaki yang bengkak dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat melancarkan aliran darah, sehingga kaki yang bengkak akan berangsur membaik. Basahi handuk kecil dengan air hangat, kemudian letakan pada kaki yang bengkak selama 15-20 menit. Anda juga bisa membeli berbagai macam heating pad yang sudah banyak tersedia di toko obat, menggunakan heating pad hampir sama seperti koyo serta pemakaiannyapun lebih simpel.

2. Tubuh Terhidrasi

Menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi merupakan salah satu hal yang penting. Bukan hanya berdampak pada kekenyalan kulit, minum air putih juga dapat membantu menghilangkan bengkak. Cobalah untuk meminum air putih 2 liter per hari atau setara 8 gelas air. Air dapat mengikat cairan berlebihan di dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urine. Anda juga dapat berendam di dalam air hangat, berendam dapat membuat tubuh menjadi relax, menghilangkan pegal-pegal, serta membantu mengurangi pembengkakan.

3. Jaga Pola Makan

Penyebab pembengkakan pada saat hamil biasanya dipengaruhi oleh kelebihan asupan natrium atau garam. Kurangi asupan garam dan kafein dalam pola makan Anda, serta perbanyak asupan makanan yang mengandung kalium. Anda dapat menemukan makanan yang mengandung kalium pada buah pisang, melon, buah-buahan, ubi, serta kacang-kacangan.

4. Olahraga Ringan

Olahraga sangat penting dilakukan guna menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Selama masa kehamilan, olahraga sangat bermanfaat membantu kelancaran proses persalinan nanti. Begitupun dalam mengatasi kaki yang bengkak, olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 10 menit setiap harinya dapat membantu melancarkan peredaran darah, selain itu berenang juga dapat membantu mengurangi pembengkakan pada ibu hamil.

Itu dia beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi kaki bengkak pada saat kehamilan. Semoga tips ini dapat membantu Anda.